Pembangunan Jembatan Bahteramas Dimulai

By Admin | 05 Juni 2017

Sejumlah titik yang menjadi area pemasangan tiang pancang telah dinyatakan steril dari sisa ranjau Perang Dunia II oleh Satuan Tugas (Satgas) Komando Armada RI kawasan Timur (Kormaritim). Proyek jembatan senilai Rp 729 miliar itu akan dirampungkan di akhir tahun 2018. 

Tahap persiapan pengerjaan fisik sisi laut mulai dikerjakan. Alat untuk menancapkan tiang-tiang pancang di tengah teluk sudah dimobilisasi secara bertahap dan pemasangan tiang pancang proyek mercusuar ini dimulai. 

Pacsa operasi pembersihan ranjau kata Kadis PU Provinsi Sultra La Ode Saidin tugas Pemprov Sultra memfasilitasi pengerjaan proyek dinyatakan selesai, selanjutnya untuk pengerjaan fisik proyek sepenuhnya diserahkan pada konsorsium pemenang tender sebab sudah menjadi tanggungjawab kontraktor pemenang tender. “Pengerjaannya sudah tidak menunggu komando pemerintah karena itu sepenuhnya sudah menjadi tanggung jawa kontraktor,” pungkas Saidin.

Pemasangan tiang pancang terus dipersiapkan, Sisi laut menjadi awal dimulainya pengerjaan fisik, kaki-kaki tiang pancang ini yang akan dihubungkan ke dua sisi daratan. Makanya, porsi pengerjaan fisik difokuskan pada rencana pemasangan tiang pancang. Untuk itulah, pendistribusian alat yang akan digunakan terus dilakukan. Batching Plant (mesin pengaduk beton) telah terpasang. 

Khusus jadwal pelaksanaan ground breaking Pemprov berharap dapat dihadiri Presiden RI Jokowi atau Wapres Jusuf Kalla (JK). Peletakan batu pertama hanya bersifat seremonial jadi pengerjaan fisik tetap berjalan sampai menunggu waktu Presiden atau Wapres proses tahapan pembangunan jembatan terus action. (Fany)

Disiarkan oleh Pengelola Media Centre Biro Humas Setda Prov Sultra Kasubag Publikasi dan Dokumentasi Wa Ode Sitti Heriyani, S.Sos M.Si

.